Kamis, 06 Oktober 2005

Masyarakat Perlu Pekerjaan Alternatif

Tanggal : 6 Oktober 2005
Sumber :
http://sijorimandiri.net/jl/index.php?option=com_content&task=view&id=2382&Itemid=80

RANAI-Pemanfaatan sumberdaya alam kelautan untuk kesejahteraan masyarakat telah banyak dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia. Namun permasalahan utama sekarang ini adalah pemanfaatan sumberdaya tersebut sering tidak diperhatikan dengan membiarkan dampak yang ditimbulkannya.

Hal ini disampaikan Edy Husni, Stp, Msi dari PT Pilar Nugraha Consultant yang merupakan tenaga ahli dalam rangka sosialisasi di lokasi Coral Reef Rehabilitation and Management Program (Coremap) II Natuna (5/10) di Desa Tanjung.

Ia menjelaskan salah satu fokus utama program Coremap II memberikan penekanan pada upaya pengelolaan ekosistem terumbu karang secara berkelanjutan. Usaha ini tidak dapat dilakukan dengan cara parsial namun harus holistic dengan dukungan semua pihak sesuai dengana peran dan kompetensi lembaga atau institusi terkait baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Secara umum program coremap II ini dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir yang diantaranya dilakukan dengan pengembanagan infrastruktur dan fasilitas sosial yang ada di lokasi Coremap,"terang Edy Husni .

Pengembangan sarana dan prasarana tersebut menurut Edy diperlukan untuk mendukung keberhasilan program Coremap, yakni dengan melakukan pembangunan kebutuhan prasarana dasar, infra struktur dasar, ekonomi serta perlindungan dan rehabilitasi lingkungan.

Dalam kesempatan tersebut Husni juga mengatakan secara umum masyarakat pesisir mempunyai tingkat ketergantungan yang sangat besar dengan sumberdaya perikanan dan kelautan termasuk ekosistem terumbu karang. Dan adapun upaya untuk memanfaatkan sumberdaya yang tidak ramah lingkungan disinyalir merupakan penyebab kerusakan ekosistem terumbu karang di Indonesia.

Lebih lanjut dijelaskannya upaya-upaya terhadap pelarangan masyarakat untuk melakukan aktifitas penangkapan ikan harus diimbangi dengan sumber mata pencaraian baru. Oleh karena itu pengembangan mata pencaharian altenatif ini menjadi salah satu komponen yang penting dalam pelaksanaan program Coremap II.

“Pengembangan mata pencarian alternatif ini dilakukan dengan mempersiapkan sumber-sumber mata pencarian masyarakat dengan mengadakan pengembangan keterampilan masyarakat dalam mengelola usaha kecil dan pengembangan jaringan pemasaran yang lebih luas. Sehingga dengan berjlannya konsep tersebut masyarakat tidak merasa terbebani dengan peralihan mata pencaharian mereka,"jelas Husni.

Tidak ada komentar: